Monday, September 8, 2014

Akibatnya Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Akibatnya Terlalu Banyak Konsumsi GulaANDA boleh saja suka mengonsumsi gula, tapi jangan berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat merusak kesehatan.  
Hal ini sebagaimana hasil studi terbaru yang dilakukan University of Warwick. Penelitian tersebut menemukan bahwa zat Methylglyoxal (MG) yang ditemukan dalam gula dapat merusak kolesterol baik HDL yang berfungsi menghilangkan kelebihan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Rendahnya tingkat HDL atau High Density Lipoprotein terkait erat dengan penyakit jantung yang berhubungan dengan meningkatnya MG yang umum terjadi pada orangtua dan orang-orang dengan mengalami diabetes atau masalah ginjal.

Didukung oleh dana dari Yayasan Jantung Inggris (BHF) dan diterbitkan di Nutrition and Diabetes, para peneliti menemukan bahwa MG mengganggu HDL dan menyebabkan kemampuan untuk melindungi diri terhadap penyakit jantung menurun. HDL yang dirusak oleh MG dengan cepat akan dibersihkan dari darah, sehingga darah akan berkurang konten HDL atau tetap dalam plasma dan kehilangan fungsinya.

Ketua peneliti Dr Naila Rabbani dari Warwick Medical School mengatakan, "Pengerusakan HDL oleh MG merupakan penyebab baru dan utama dari penurunan dan disfungsional HDL, serta dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sampai 10%."

Saat ini tidak ada obat yang dapat meningkatkan kembali jumlah HDL, tetapi para peneliti Warwick menyatakan bahwa dengan menemukan sifat merusak MG dapat memberikan strategi baru yang potensial untuk mengurangi tingkat MG. Demikian dilansir dari Health Care Asia, Selasa (9/9/2014).
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment