Friday, August 22, 2014

Vaksin Imunisasi Mengandung Merkuri Berbahaya?

Vaksin Imunisasi Mengandung Merkuri Berbahaya?MELAKUKAN imunisasi adalah langkah tepat untuk mencegah kesakitan, kecacatan, dan kematian, termasuk pada anak. Sayangnya, sampai hari ini masih banyak mitos tentang imunisasi, misalnya vaksin mengandung zat-zat berbahaya seperti merkuri.

Hal inipun juga dikonfirmasi oleh Sekretaris Satgas Imunisasi PP-IDAI dan Ahli Tumbuh Kembang Anak dari FKUI-RSCM, Dr Soedjatmiko, Spa (K), Msi. Namun, menurutnya, vaksin yang mengandung bahan tersebut berupa etil merkuri bukan metil merkuri.

?Tentu saja tidak. Misalnya, air aki atau air raksa berbeda dengan air mineral meski sama-sama air. Air aki kalau diminum tentu jadi melepuh, tetapi air mineral atau air kelapa lezat, dan ini sama saja dengan etil merkuri dan metil merkuri. Jadi, yang berbahaya adalah metil merkuri, sedangkan etil merkuri buat nambal gigi dan lain-lainnya,? kata Dr. Soedjatmiko pada School of Vaccine Journalist di Gedung Dewan Pers, Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Anak Sengaja Tidak Diimunisasi, Orangtua Bisa Masuk Penjara)

Lebih lanjut, Dr. Soedjatmiko menjelaskan bila kandungan etil merkuri pada vaksin jumlah totalnya hanya 1, 25 mikrogram/kg/minggu. Sedangkan batas aman yang ditetapkan WHO adalah 34 mikrogram/kg/minggu. Karena itu, bila etil merkuri dikatakan beracun pun masih sangat jauh dari batas aman yang telah ditetapkan oleh WHO.

?Etil merkuri di dalam vaksin itu ternyata jumlah totalnya 1, 25 mikrogram/kg BB/minggu, sedangkan batas WHO itu adalah 34 mikrogram, sehingga jauh sekali andaikata itu dikatakan beracun,? tegasnya.

?Tetapi ini hanya dipahami orang-orang yang berprofesi di bidang kimia, sedangkan orang-orang biasa sulit. Jadi antara etil merkuri dan metil merkuri berbeda seperti halnya air mineral dengan air raksa, sama-sama air tetapi berbeda,? tutupnya. (Baca: Imunisasi Tidak Ada Gunanya, Keliru!)
 
 
 
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment