Thursday, August 28, 2014

Radioterapi Bisa Sembuhkan Kanker?

Radioterapi Bisa Sembuhkan Kanker?RADITERAPI memiliki peran penting dalam penatalaksanaan 60 sampai 70 persen pasien dengan kanker. Lalu, apakah dengan radioterapi bisa menyembuhkan kanker?  
Kepala Departemen Onkologi Radiasi, Soehartati Gondhowiardjo, MD, PhD, mengatakan bahwa dalam pengobatan kanker jangan berbicara kesembuhan, tetapi bagaimana melakukan kontrol. Menurutnya, hal tersebut sama seperti dalam penanganan penyakit diabetes dan hipertensi, yakni agar tidak membahayakan kehidupan pasien.
 
"Jangan berbicara sembuh, tetapi bagaimana melakukan kontrol, seperti pada pasien gula dan hipertensi, yaitu bagaimana kita mengontrol agar tidak membahayakan kehidupannya, demikian juga pada pasien kanker. Kecuali, ada beberapa jenis kanker yang bisa dikatakan sembuh, biasanya mengarah ke penyakit kanker darah," ujarnya di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (28/8/2014).
 
Lebih lanjut, Soehartati mengutarakan bahwa untuk bisa mengontrol pasien kanker, maka pesan yang harus diterima adalah pengobatan tidak selesai dengan sekali treatment, tetapi tetap harus kontrol terus-menerus. Hal ini karena ada kemungkinan suatu saat sel kanker kembali muncul.
 
"Sehingga kontrol pasien kanker itu minimal 5 tahun. Setelah 5 tahun pun tetap 1 tahun sekali kontrol, karena tidak ada sel kanker yang bisa terlihat dengan mata, sehingga pasien kanker harus kontrol," jelasnya.
 
Selain itu, menurut Soehartati pada pengobatan kanker pun tidak pernah hanya dengan satu modalitas. Soehartati mengatakan bahwa dalam pengobatan kanker lebih kepada pendekatan kombinasi, yakni dengan sinar radiasi, bedah dan kemoterapi. (Baca: Layanan Radioterapi di Indonesia Sangat Minim)
 
"Pengobatannya hampir tidak pernah satu modalitas, jadi tidak pernah sinar radiasi saja untuk menyembuhkan atau mengontrol kanker, atau bedah dan kemoterapi saja, melainkan dikombinasi. Jadi, ada tiga, yaitu ada yang bedah dulu, atau diawali kemoterapi, atau radiasi terlebih dulu, tetapi paling banyak adalah kombinasi modalitas semua pengobatan," tutupnya.
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment