Monday, August 11, 2014

Pria juga Harus Rutin Periksa Payudaranya!

Pria juga Harus Rutin Periksa Payudaranya!SETIAP hari mungkin seorang pria akan memeriksa kondisi tubuhnya secara mandiri untuk memastikannya sehat. Tetapi, pria seringkali mengabaikan kesehatan salah bagian tubuhnya, payudara!
 
Menurut spesialis kesehatan pria di Klinik Lahey Burlington, Massachusetts, Dr Bruce B. Campbell, MD, meski tidak seperti wanita, payudara pria tetap memiliki jaringan. Sehingga, pria pada dasarnya juga memiliki risiko mengembangkan kanker payudara.
 
?Pria juga memiliki jaringan payudara, dan itu berarti mereka dapat mengembangkan kanker payudara,? katanya, sebagaimana dikutip Livestrong, Senin (11/8/2014).
 
Lebih lanjut, Dr Campbell mengatakan bahwa kasus kanker payudara pada pria memang hanya sekira 2.140 per tahun. Alhasil, melakukan pemeriksaan sendiri adalah ide yang baik karena tidak rutin memperoleh tes dengan mammogram. Sayangnya, menurut Dr Campbell, hal itupula yang menyebabkan kanker payudara pada pria terdiagnosis pada tahap lanjut.
 
?Kanker payudara pada pria biasanya terdiagnosis pada tahap lanjut, dan itu karena mereka mengabaikannya,? tuturnya. (Baca: Selain Diabetes, Kopi Cegah Kanker Payudara)
 
Oleh karena itu, Dr Campbell menyarankan pada pria untuk sebulan sekali melakukan pemeriksaan secara mandiri. Misalnya, ketika mandi mengusap-usap payudara untuk mengetahui apakah ada perubahan dalam ukuran, periksa adakah benjolan dan perubahan warna puting susu?
 
?Untuk tindak lanjut, lakukan pemeriksaan ke dokter. Jika terlihat ada yang mencurigakan, dokter akan menyarankan menjalani pemeriksaan mammogram atau USG untuk melihat apa yang terdapat di bawah kulit payudara,? jelasnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment