Monday, August 11, 2014

Pria, Jangan Sepelekan saat Sering Bolak-balik BAK!

Pria, Jangan Sepelekan saat Sering Bolak-balik BAK!BANYAK gejala dari masalah kesehatan yang kadang terabaikan. Salah satu gejala yang tidak disadari sebagai penyakit adalah sering buang air kecil (BAK).  
Oleh Spesialis kesehatan pria di Klinik Lahey Burlington, Massachusetts, Dr Bruce B. Campbell, MD, mengungkapkan bila pria jangan selalu menyalahkan kandung kemih ketika mereka sering bolak-balik buang air kecil. ?Hal ini karena ketika sering buang air kecil mungkin Anda mengalami pembesaran kelenjar prostat,? katanya, sebagaimana dikutip Livestrong, Senin (11/8/2014)
 
Lalu, bagaimana pembesaran kelenjar prostat dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih sering buang air kecil?
 
?Kelenjar prostat terdapat di bagian atas uretra pria. Jadi, jika kelenjar prostat membengkak, maka akan lebih sulit untuk menghentikan keinginan buang air kecil,? jelasnya. (Baca: Rutin Olahraga & Diet Sehat Cegah Ejakulasi Dini)
 
Sebab itu, Dr Campbell menyarankan untuk melakukan tes prostat ketika mengalami gejala sering buang air kecil. Hal ini tentu untuk mencegah dampak yang lebih buruk, yakni kanker prostat.
 
American Cancer Society mengatakan bila satu dari enam orang pria akan mengalami kanker prostat selama hidup mereka. Bahkan, American Cancer Society juga menyebutkan bila satu dari 36 pria akan meninggal dunia akibat penyakit kanker prostat, karenanya deteksi dini sangat penting.
 
Namun, tidak perlu panik. Menurut Dr Campbell, mengalami pembesaran kelenjar prostat bukan berarti akan menjadi kanker. Pasalnya, penyebab dari pembesaran kelenjar prostat belum diketahui secara pasti.
 
?Penyebab pembesaran kelenjar prostat tidak diketahui, tetapi menurut National Institutes of Health banyak pria di atas usia 40 mengalami kondisi tersebut. Jadi, untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah prostat, bisa dilakukan tes darah atau dubur sehingga nantinya dapat menentukan apakah perlu melakukan biopsi,? simpulnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment