Friday, August 8, 2014

Pola Makan Berikut Bantu Cegah Beragam Kanker

Pola Makan Berikut Bantu Cegah Beragam KankerKANKER sering dikaitkan dengan gaya hidup, di antaranya pola konsumsi makanan tertentu. Mengonsumsi makanan olahan dan daging merah diyakini merupakan salah satu penyebab dari berbagai jenis kanker.
 
Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengurangi risiko terkena kanker, Anda harus mengubah pola makan sehari-hari. Berikut beberapa makanan yang harus ada dalam diet Anda untuk mencegah kanker, seperti dikutip Newsmaxhealth, Jumat (8/8/2014).

Makan lebih banyak buah dan sayur
 
Buah dan sayuran sarat dengan senyawa pelindung, seperti fitokimia, antioksidan, serat alami, vitamin, dan mineral. Sementara, menurut penelitian dari John Hopkins University, beberapa sayuran hijau, seperti brokoli, mengandung nutrisi yang berperan memerangi efek racun dari polutan dan bahan kimia industri.

Makan produk kedelai
 
Produk kedelai seperti tahu, edamame, dan tempe mengandung sifat anti-kanker. Selain itu, mengonsumsi makanan-makanan tersebut dapat mengurangi paparan lemak dan bahan kimia lainnya yang mencetuskan kanker payudara atau lainnya.(Baca: Inilah Penyebab Ensefalitis Sangat Berbahaya)

Batasi konsumsi alkohol
 
Banyak penelitian telah menyimpulkan bahwa minum bir atau anggur tidak lebih dari satu gelas sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tetapi, perlu diingat, bahwa kecanduan alkohol dapat meningkatkan risiko kanker tertentu, di antaranya kanker mulut, tenggorokan, usus besar, dan payudara.

Hindari daging merah dan makanan olahan
 
Membatasi atau menghindari daging merah tidak hanya akan mengurangi risiko terkena kanker usus besar, melainkan juga mencegah penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Penelitian oleh Harvard School of Public Health telah menemukan bahwa konsumsi rutin daging olahan, seperti sosis dan daging beku, akan mempersingkat hidup Anda. Namun, bila makanan-makanan tersebut dikonsumsi hanya sesekali, maka tidak akan meningkatkan risiko kesehatan.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment