Saturday, August 9, 2014

Penyakit Kronis Percepat Timbulnya Katarak

Penyakit Kronis Percepat Timbulnya KatarakKATARAK adalah penyakit mata di mana lensa mengalami kekeruhan, sehingga penglihatan menjadi buram. Faktor usia adalah salah penyebab dari penyakit katarak.  
Namun, Dr. Ucok P. Pasaribu, SpM, Opthalmologist Jakarta Eye Center @ Kedoya mengungkapkan bahwa penyakit katarak sebenarnya juga berhubungan dengan pola hidup. Dr Ucok mengatakan bahwa beberapa penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat bisa meningkatkan risiko mengalami katarak.
 
Sebenarnya, penyakit katarak ini lebih kepada pola hidup, terlepas dari faktor usia. Artinya, kalau orang memiliki penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol tidak stabil, kurang istirahat, maka penyakit katarak lebih cepat muncul sekira usia 40 sampai 50 tahun," kata Dr Ucok pada konferensi pers "Akreditasi Internasional JEC @ Kedoya dari Joint Commission International (JCI)? di JEC Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (9/8/2014).
 
Lebih lanjut, Dr Ucok menjelaskan bahwa ketika usia seseorang bertambah tua, maka sel tubuhnya pun semakin tua. Ketika itu terjadi, maka sel akan lebih sulit mempertahankan kejernihan lensa mata tersebut.
 
"Begitu sel sudah tidak mampu mempertahankan kejernihan lensa mata, maka dia akan keruh," paparnya.
 
Oleh karena itu, Dr Ucok menyarankan bila memiliki keturunan beberapa penyakit, seperti diabetes, kolesterol dan hipertensi, maka sebaiknya dikontrol. Hal ini karena beberapa penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko terkena penyakit katarak lebih cepat.
 
"Pemicunya bisa dari penyakit-penyakit itu. Jadi, penyakit-penyakit tersebut merupakan faktor risiko yang mempercepat timbulnya katarak. Cara mencegahnya sebenarnya mudah, hanya hidup sehat," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment