Monday, August 11, 2014

Penerangan Alami di Kantor Bantu Tidur Malam Lebih Pulas

Penerangan Alami di Kantor Bantu Tidur Malam Lebih PulasAPAKAH tempat kerja Anda terang dengan lampu neon? Mungkin sebaiknya Anda mulai menggunakan cahaya alami dari luar jendela, yakni sinar matahari.  
Penelitian dari University of Illnois dan Northwestern Medicine mengatakan bila menggunakan lampu neon saat bekerja, maka Anda akan kesulitan tidur dibanding mereka yang menggunakan cahaya alami. Ada manfaat kesehatan yang diberikan cahaya alami sebagai penerangan saat Anda bekerja.
 
Para peneliti menemukan bahwa pekerja kantoran yang bekerja dengan paparan cahaya alami cenderung tidur lebih lama. Selain itu, menurut para peneliti, pekerja kantoran tersebut juga memiliki kualitas tidur lebih baik, aktif berolahraga, dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.
 
Penulis penelitian, Dr Phyllis Zee, MD selaku spesialis saraf dan tidur dari Northwestern Medicine, mengatakan bahwa karyawan yang bekerja dekat dengan jendela rata-rata tidur 46 menit lebih lama tiap malam dibanding mereka yang tidak demikian.
 
?Pekerja adalah kelompok berisiko karena mereka biasanya di dalam ruangan yang sering tanpa cahaya alami dari sinar matahari sepanjang hari. Hasil studi ini mengonfirmasi bahwa cahaya alami pada siang hari memiliki efek positif bagi kesehatan,? kata Dr Zee, seperti dikutip Newsmaxhealth, Senin (11/8/2014).
 
Menurutnya, paparan cahaya alami bermanfaat bagi kesehatan melalui mood, konsentrasi, dan metabolisme, terutama di pagi hari. Oleh karena itu, Dr Zee meminta para arsitek juga perlu menyadari pentingnya cahaya alami di bangunan perkantoran.
 
?Sebuah solusi sederhana, yakni pastikan gedung tempat Anda bekerja setinggi 6 sampai 7 meter yang  terdiri dari jendela,? tutupnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment