Saturday, August 16, 2014

Pemerintah Maksimalkan Kinerja Terhadap Penyebaran Virus Baru

Pemerintah Maksimalkan Kinerja Terhadap Penyebaran Virus BaruBERBAGAI upaya terus dilakukan pemerintah terkait penanganan terhadap penyakit baru atau new emerging yang muncul. Lantas sejauh mana upaya yang telah dilakukan tersebut?

Prof. dr Agus Purwadianto SH, M.si, Sp.F(k) selaku Pelaksana tugas Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan lingkungan Kemenkes mengatakan, sistem kesehatan di Indonesia dibangun atas dasar ketahanan nasional. Didalamnya tentu saja meliputi kesehatan masyarakat, dimensi, pengendalian penyakit dan bentuk kerjasama.

"Sistem ini adalah lintas sektor, sumber penularan kita harus terdeteksi sedini mungkin. Kita juga sudah punya posko dan sudah ada jejaringnya di Indonesia," ujarnya di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Jumat, 15 Agustus 2014.

Prof Agus mencontohkan bagaimana upaya mencegah virus Ebola dan MERS masuk ke Tanah Air. Menurutnya, pemerintah melakukan sejumlah komunikasi terkait pengawasan di semua pintu negara terjangkit. (Baca: Indonesia Bakal Tuan Rumah Global Health Security Agenda)

"Contohnya ebola, kita selalu update perkembangan dan berkomunikasi memalui kedutaan kita di negara terjangkit serta melakukan pengawasan di semua pintunya. Begitu juga dengan Merscov. Kita juga punya data orang yang suspect," terangnya

Untuk menguatkan upaya pencegahan terhadap penyakit akibat virus baru, pemerintah menerapkan mekanisme pendeteksian dengan termo scanner di pintu kedatangan. Selain itu, sejumlah rekomendasi juga telah diberikan bagi mereka yang akan bepergian.

"Kita akan memberikan travel advise untuk para traveller khususnya haji atau umrah," imbuhnya

Lebih lanjut, Prof Agus mengatakan upaya lainnya yakni menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga. Karena dengan cara tersebut, upaya untuk mencegah penyakit akibat virus baru bisa terlaksana dengan baik. (Baca: Pemerintah Terus Pantau Penyebaran Virus Ebola)

"Kita punya kelembagaan, ada komnas zoonosis. Ada ahli yg siap diundang, Dengan pengalaman kita dalam penanganan flu burung, maka rumah sakit dan laboratorium sudah siap," tutupnya.  
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment