Monday, August 18, 2014

Meski Sulit Dicegah, Kanker Anak Bisa Diprediksi

Meski Sulit Dicegah, Kanker Anak Bisa DiprediksiKANKER memang bisa mengenai siapapun. Tidak hanya dewasa, tapi juga anak-anak, yang ternyata tidak dapat dicegah.

dr Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, IBCLC, mengatakan bahwa kanker pada anak biasanya tidak bisa dicegah. Kondisi tersebut tentunya berbeda dengan kanker pada orang dewasa. (Baca: Lima Jenis Kanker Terbanyak Serang Anak-Anak)

"Secara ilmu memang tidak bisa dicegah, lain dengan dewasa. Misalnya, kanker paru, itu karena merokok," katanya di sela acara diskusi "Perawatan Terpadu untuk Anak dengan Kanker" di RSCM, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Kanker pada anak, lanjut dr Edi, belum diketahui penyebabnya secara pasti. Sementara, untuk faktor genetik, hingga saat ini masih sebatas dugaan.

"Tidak tahu penyebabnya. Kalau genetik itu baru diduga, tapi bukan suatu kepastian. Salah satu kanker yang diketahui secara genetik atau diturunkan baru kanker bola mata," terangnya. (Baca: Cegah Kanker, Shahnaz Vaksin Anak sejak 9 Tahun)

Namun demikian, dr Edi mengatakan bahwa orangtua bisa melakukan deteksi kanker anak sedini mungkin. Dengan cara tersebut, setidaknya penanganan jika positif kanker bisa dilakukan semaksimal mungkin.

"Intinya, orangtua harus waspada. Kalau ada gejala yang tidak beres, segera cek ke dokter. Ini supaya kalau ditemukan pada stadium awal bisa disembuhkan. Kanker bukan akhir dari segalanya, kok, asal ditemukan lebih dini maka peluang kesembuhannya bisa 70-80 persen," tutupnya. (Baca: Rumah Singgah Buka Akses Pengobatan Kanker Anak) (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment