Monday, August 18, 2014

Menkes Dorong Peningkatan Peran UKS

Menkes Dorong Peningkatan Peran UKSMENTERI Kesehatan dr Nafsiah Mboi berharap peran usaha kesehatan sekolah (UKS) bisa ditingkatkan. UKS dinilai menjadi wadah lintas sektor yang strategis untuk memecahkan masalah kesehatan anak usia sekolah.

"Saya ingin mendorong UKS. Penjaringan kesehatan penting untuk bantu sisi kesehatan anak didik kita," ujarnya dalam acara pemberian penghargaan bagi sekolah dan puskesmas di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (18/8/2014).

Melalui UKS, siswa sekolah juga belajar bagaimana pola hidup yang benar. Disamping itu, mereka juga bisa segera ditangani ketika memiliki masalah soal kesehatan saat kegiatan belajar mengajar. (Baca: Jajanan Anak Sekolah Berisiko Gagal Ginjal)

"Sebagai pendidik dan tenaga kesehatan harus mengajarkan perilaku bersih dan sehat," imbuhnya. Sementara itu, Dirjen Bina Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak dr Anung Sugihantoro, M.Kes mengatakan bahwa pelaksanaan UKS juga harus didukung dengan sumber daya yang mencukupi.
 
Disamping itu, peran Puskesmas dari wilayah sekolah juga sangat penting karena menjadi bagian dari pembina UKS. (Baca: Pemerintah Awasi Perkembangan Ebola di Arab Saudi)
 
"Prinsipnya UKS sebagai pembina wilayah sekolah di semua jaringan kerjanya. Untuk tim pelaksana UKS, biasanya dari guru olahraga untuk SD. Tapi kalau SMP atau SMA biasanya guru olahraga dan BK," tutupnya.
 
 
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment