Thursday, August 7, 2014

Mengenal Lebih Dekat Obat untuk Pasien Ebola

Mengenal Lebih Dekat Obat untuk Pasien EbolaSAAT ini, ZMaap merupakan obat tunggal untuk mengatasi pasien Ebola di Amerika Serikat. Setelah diberikan obat tersebut, kondisi pasien Ebola membaik. Sebenarnya, apa obat ZMapp?

ZMapp adalah obat yang sebenarnya masih dalam proses penelitian dan pernah diberikan pada monyet. Untuk manusia, keamanannya belum diuji.

"Meski masih eksperimen, obat (Zmapp-red) ini sudah diberikan ke manusia. Itu karena belum ada pilihan lain sampai saat ini," kata Prof Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Okezone, baru-baru ini.

Kandungan ZMapp sendiri berisi tiga jenis antibodi monoklonal yang diproses pada tanaman Nicotiana Benthamania. Tanaman ini, imbuhnya, adalah suatu jenis khusus daun tembakau yang digunakan untuk penelitian agroinfiltration, di mana rekombinan agrobacterium digunakan untuk memasukkan bahan genetik baru ke dalam tanaman. (Baca: WHO Perdebatkan Kode Etik Pengujian ZMapp ke Pasien Ebola)

"Jadi, bisa dibilang ZMapp juga merupakan koktail kombinasi antara beberapa obat lain, yaitu MB-003 dan ZMab," tambahnya.

Sementara itu, cara kerjanya belum diketahui secara spesifik, karena masih butuh kajian lanjutan.

"Mekanisme kerjanya belum sepenuhnya diketahui, mungkin menghambat virus memperbanyak diri atau melakukan netralisasi virus itu," terang Prof Tjandra.

Meski begitu, sampai saat ini, hasil pengobatan dari obat ini cukup baik pada ke dua pasien Amerika. Kondisi kesehatan mereka perlahan membaik dari hari ke hari. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment