Tuesday, August 19, 2014

Mengapa Tubuh Harus Divaksin?

Mengapa Tubuh Harus Divaksin?BEBERAPA penyakit dapat sembuh dengan sendirinya dalam sepekan tanpa vaksinasi. Lalu, apa sebenarnya manfaat vaksinasi?

Afiono Agung Prasetyo, M.D.,Ph.D selaku peneliti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) mengatakan bahwa vaksinasi berperan dalam membentuk sifat adaptif pada sel sehingga sekali diaktifkan, maka akan terbentuk memori. Dampaknya, jika penyebab penyakit yang sama masuk kembali ke tubuh, maka respons tubuh untuk menghasilkan antibodi akan lebih cepat. (Baca: Cegah Infeksi Saat Melahirkan, Bumil Perlu Imunisasi Ini)

"Kalau penyebab sakit yang sama masuk lagi ke tubuh, maka yang kedua kali respons tubuh untuk menghasilkan sel T dan sel B, termasuk antibodi yang dihasilkan sel B lebih cepat dibanding infeksi yang pertama," katanya pada School of Vaccine Journalist di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Senin 18 Agustus 2014.

"Jadi, vaksinasi adalah usaha untuk membuat memori supaya responsnya nanti cepat kalau penyebab penyakit menular masuk ke dalam tubuh," jelasnya.

Menurut Afiono, vaksinasi adalah upaya untuk membuat suatu kekebalan terhadap penyakit. Jadi, Afiono mengatakan bahwa vaksinasi adalah salah satu cara agar tubuh mempunyai kekebalan terhadap suatu penyakit sehingga dimasukkan dengan yang disebut vaksin ke dalam tubuh. (Baca: Macam-Macam Vaksin yang Dapat Dipilih)

Apa sebenarnya yang terkandung di dalam vaksin? Afiono menjelaskan bahwa vaksin adalah penyebab penyakit yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tidak menyebabkan sakit ketika masuk tubuh.

"Meski telah dimodifikasi, vaksin tetap memiliki sifat-sifat sebagai agen penyakit sehingga nanti bisa menyebabkan tubuh mengenali penyebab penyakit. Sehingga, ketika penyebab penyakit yang sesungguhnya masuk, tubuh kita sudah mengenali," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment