Saturday, August 9, 2014

Masih Bisa Melihat, Belum Tentu Bebas Katarak

Masih Bisa Melihat, Belum Tentu Bebas KatarakMENJAGA kesehatan mata sama pentingnya dengan organ lain. Tetapi, kebanyakan orang masih malas memeriksakan kesehatan matanya. Apa sebab?

Dr. Ucok P. Pasaribu, SpM, Opthalmologist Jakarta Eye Center @ Kedoya mengungkapkan bahwa ada beberapa sebab orang malas memeriksakan kesehatan mata. Menurut Dr Ucok, kebanyakan orang malas memeriksakan kesehatan matanya karena merasa masih bisa melihat dengan baik.

"Sebabnya, pertama karena mereka merasa masih bisa melihat dan kedua malas memakai kacamata, biasanya begitu," kata Dr Ucok pada konferensi pers ?Akreditasi Internasional JEC @ Kedoya dari Joint Commission International (JCI)? di JEC Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (9/8/2014).

Terlebih lagi bagi anak-anak remaja, karena masih bisa melihat dengan baik sekira 6 sampai 10 meter, mereka menjadi malas menggunakan kacamata.

"Kalau yang muda malas pakai kacamata, karena mereka masih bisa melihat sekira 6 sampai 10 meter. Bagi mereka masih bagus, tetapi bagi kita tidak," tambahnya.

Sedangkan pada usia di atas 50 tahun, di mana faktor risiko katarak sangat tinggi, mereka masih enggan untuk menjalani operasi katarak karena fungsi penglihatan mereka masih 70 persen. Padahal ketika diperiksa, menurut Dr Ucok, sering sekali penyakit katarak ditemukan.

"Dia (pasien-red) sudah ada katarak, fungsi penglihatannya 70 persen, tetapi masih belum mau operasi karena masih merasa enak. Jadi, secara fungsi penglihatan mereka masih merasa tidak ada apa-apa, tetapi ketika dicek ada katarak," tutupnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment