Thursday, August 7, 2014

Marshanda Harus Lakukan Visum Psikiatri

Marshanda Harus Lakukan Visum PsikiatriSESEORANG dengan gangguan bipolar tidak disarankan untuk tinggal sendiri. Namun, jika tetap memaksa, penderita bipolar disarankan untuk melakukan visum psikiatri.

Kondisi inilah yang disarankan untuk artis Marshanda. Seperti diketahui, menurut dokter pribadinya, Marshanda mengidap gangguan bipolar. Sementara Chacha, sapaan akrab Marshanda, mengatakan bahwa dia telah diperlakukan tidak etis oleh sang ibu dengan cara ?memasungnya? di rumah sakit.

"Pertama, bertemu antara kedua belah pihak. Jika sudah, saran untuk ibunya, membawa visum dari hasil dokter psikiater forensik Marshanda, itu kan berlandaskan hukum. Hasil dari visum ini akan terlihat, apakah dia bisa bertanggung jawab sama diri sendiri, memilki kompetensi, dan layakkah tinggal sendiri atau mandiri? Itu kelihatan pada hasil visum," kata dr A.A. Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ(K), Pelaksana Teknis Kepala Departemen Psikiatri dan Staf Medis Departemen Psikiatri FKUI/RSCM, kepada Okezone melalui sambungan telefon, Kamis (7/8/2014).

Lebih lanjut, dalam visum psikiatri akan dilakukan beberapa tes. Mulai dari observasi penderita, wawancara, pengisian kuesioner, dan tes lain. Dengan hasil visum tersebut, penderita gangguan bipolar bisa didiagnosis apakah bisa hidup sendiri atau masih butuh pendampingan orangtua.

"Kalau memang tidak layak tinggal sendiri, ya berarti memang ia tidak boleh tinggal sendiri," jelasnya. (Baca: Buka Jilbab, Kuat Dugaan Marshanda Alami Bipolar)
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment