Saturday, August 9, 2014

Kognitif Anak Stunting Lebih Lambat

Kognitif Anak Stunting Lebih LambatSTUNTING atau anak berkaki pendek masih menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh Indonesia. Stunting sendiri biasanya disebabkan karena kekurangan gizi kronis.  
Penelitian membuktikan bahwa stunting memiliki beberapa dampak terhadap tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah kognitif mereka kedepan. Hal inipun juga dibuktikan oleh penelitian dari pakar gizi Universitas Indonesia, Atmarita.
 
"Anak stunting lebih lambat untuk masalah skill dibanding yang normal, kemandirian juga serta kemampuan bahasa dan sosial juga berpengaruh. Namun hanya kematangan emosi yang tidak ada beda," ujarnya dalam konferensi peneliti pendidikan anak usia dini se-Asia Pasifik di Inna Grand Beach Hotel, Sanur, Bali, Minggu (10/7/2014).
 
Karenanya, untuk mengatasi masalah tersebut orangtua harus berperan secara penuh. Terutama terkait pemberian stimulasi sejak usia 1000 hari pertama kelahirannya.
 
"Stimulasi harus diberikan agar sejak agar tidak berat untuk mengejar ketinggalan. Karena kalau sudah diatas 3 tahun itu berat,"tutupnya.
(ren)

»

0 comments:

Post a Comment