Thursday, August 7, 2014

Kentang Ampuh Cegah Kanker Usus Besar

Kentang Ampuh Cegah Kanker Usus BesarKABAR baik bagi pencinta steak dan kentang. Penelitian dari Australia menemukan bila makan kentang dapat mengurangi risiko kanker usus besar yang disebabkan konsumsi daging sapi.  
Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University Flinders, Adelaide, menunjukkan kandungan resisten pati dalam sayuran seperti kentang, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membalikkan beberapa efek merusak dari daging merah, yakni microRNA.
 
?Pati resisten daging merah memiliki efek berlawanan pada microRNA yang mendorong kanker kolorektal. Temuan ini juga mendukung konsumsi pati resisten sebagai alat untuk mengurangi risiko yang terkait dengan diet tinggi daging merah,? ujar peneliti, Karen Humphreys, seperti dikutip Newsmaxhealth, Kamis (7/8/2014).
 
Untuk mencapai kesimpulan tersebut, para peneliti mengkaji 23 orang secara acak yang diminta makan daging merah tanpa tepung setiap hari selama empat pekan, atau diet yang sama dengan pati resisten. Kemudian, mereka menemukan bahwa diet tinggi daging merah mengubah tingkat microRNA dalam jaringan dubur. Secara khusus, para ilmuwan menemukan peningkatan microRNa tertentu berkaitan dengan kanker usus besar.
 
Sementara, Humphreys mengutarakan bila mengonsumsi terlalu banyak alkohol, merokok, tidak berolahraga, dan konsumsi daging merah dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Dan, untuk mengurangi risiko kanker usus besar dapat mengonsumsi pisang, salad kentang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buncis.
 
?Selain itu, para ilmuwan juga telah bekerja untuk mengubah biji-bijian seperti jagung sehingga mengandung pati resisten yang lebih tinggi,? tutupnya. (Baca: Inilah Penyebab Ensefalitis Sangat Berbahaya)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment