Friday, August 15, 2014

Indonesia Bakal Tuan Rumah Global Health Security Agenda

Indonesia Bakal Tuan Rumah Global Health Security AgendaINDONESIA siap menjadi tuan rumah Global Health Security Agenda (GHSA). Pertemuan tersebut merupakan bentuk respons terhadap meningkatnya kerentanan masyarakat terhadap kemunculan penyakit baru.

Hal tersebut seperti diungkapkan Prof dr Agus Purwadianto SH, M.si, Sp.F(k), Pelaksana tugas Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes. Menurutnya, penyakit infeksi yang berpotensi endemik sudah pasti menjadi kepedulian internasional.

"Ini akan menjadi semacam panduan bagaimana kita untuk melakukan aksi kedepan dalam mengatasi ancaman berbagai penyakit," katanya di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Lebih lanjut, pada pertemuan tersebut juga akan dibahas mengenai perlunya pendekatan multisektor dan multi-stakeholder untuk efektitas penanganan dan mengelola wabah penyakit infeksi berbahaya dan ancaman kesehatan lain. Selain itu, GHSA akan membahas lebih jauh berbagai aspek dari penyakit zoonosis dalam kaitan pencegahan, pendeteksian lebih dini, dan upaya merespons kemunculan ancaman dari penyakit tersebut.

GHSA rencananya digelar pada 20-21 Agustus 2014 di Hotel Shangri-La Jakarta. Diperkirakan lebih dari 200 peserta dari berbagai negara akan menghadiri pertemuan tersebut. (Baca: Tangani Ebola, Indonesia Intensifkan Pencegahan)

Seperti diketahui, GHSA sendiri dicetuskan pada 13 Februari 2014. Sebanyak 29 negara, Uni Eropa, WHO, dan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia menyepakati upaya mewujudkan suatu dunia yang mampu untuk mencegah, mendeteksi, dan segera merespons ancaman penyakit menular, baik secara alamiah, sengaja, ataupun tidak disengaja.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment