Thursday, August 21, 2014

Imunisasi Tidak Ada Gunanya, Keliru!

Imunisasi Tidak Ada Gunanya, Keliru!IMUNISASI masih dinilai paling efektif dalam mencegah bayi sakit, cacat, bahkan kematian. Namun sayang, masih ada isu bahwa imunisasi tidak ada gunanya.

Isu tersebut muncul lantaran setelah bayi diimunisasi, mereka masih bisa terserang penyakit. Menurut Sekretaris Satgas Imunisasi PP-IDAI dan Ahli Tumbuh Kembang Anak dari FKUI-RSCM, Dr Soedjatmiko, Spa (K), Msi, di dunia ini memang tidak ada yang benar-benar 100 persen menyembuhkan penyakit.

"Imunisasi terbukti dapat melindungi 85 sampai 95 persen. Apa artinya? di dunia ini tidak ada yang bisa menyembuhkan 100 persen. Tetapi, imunisasi mengurangi risiko jauh lebih besar dibandingkan jika tidak diimunisasi," katanya di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Selain itu, risiko anak yang tidak diimunisasi akan jauh lebih besar terhadap penyakit. Mulai dari sakit berat hingga menyebabkan kematian. (Baca: Kontroversi Aborsi, Menkes: Dokter Harus Ikut Undang-Undang)

"Sedangkan anak yang telah diimunisasi, kemungkinan jauh lebih kecil, sekitar 5 persen. Jadi, tidak betul imunisasi melindungi 100 persen, tidak bisa dibilang imunisasi gagal," tegasnya.

Dr Soedjatmiko mencontohkan anak yang pernah disuntik campak. Bila suatu waktu anak tersebut terserang penyakit campak, maka akan hanya sedikit demam, tetapi tiga hari kemudian sembuh.

"Sedangkan anak yang belum diimunisasi campak, ketika datang ke RSCM itu sakitnya berat, seluruh badanya merah semua, batuk-batuk hebat, tidak mau makan, dan diare," tambahnya.

?Jadi, ini untuk menjawab isu bahwa imunisasi tidak ada gunanya karena masih bisa terkena penyakit. Memang betul masih bisa terkena penyakit, tetapi jauh lebih ringan. Buktinya apa? Semua negara dengan gizi baik tetap melakukan imunisasi," tutupnya. (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment