Thursday, August 14, 2014

Hindari Anak Duduk di Depan saat Naik Motor

Hindari Anak Duduk di Depan saat Naik MotorPOLUSI timbal memiliki dampak bahaya bagi kesehatan. Pada anak-anak, timbal juga bisa menyebabkan penurunan IQ.

Prof. Dr. Netti Herawati., M.Si, pakar gizi dari Universitas Riau mengatakan, anak-anak berisiko besar terpapar timbal. Sayangnya, para orangtua di Indonesia tidak banyak yang menyadari akan hal tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang kemudian membiarkan anaknya duduk di depan saat menaiki motor.

"Kalau kita  jalan dengan anak kecil naik motor, maka jumlah timbal yang terpapar lebih banyak ke anak-anak. Mereka lebih rentan, apalagi kalau ditaruh didepan dan tidak memakai helm," katanya kepada Okezone di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, belum lama ini.

Timbal umumnya ditemukan pada asap kendaraan bermotor. Dan, hingga saat ini, Indonesia belum mampu membuat bensin tanpa timbal.

Karenanya, dibutuhkan sebuah solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.  Menurut Prof Netti, solusi tersebut bisa dilakukan melalui perbaikan gizi pada anak untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.

"Dengan membuat pendidikan gizi yang terintegrasi, maka akan membangun kebutuhan gizi bagi anak-anak yang baik dan polusi timbal bisa teratasi," terangnya.

Seperti diketahui, timbal memiliki dampak yang sangat bahaya bagi kesehatan. Tidak saja menurunkan IQ, juga keguguran dan mencegah penyerapan zat-zat baik yang dibutuhkan bagi tubuh. (Baca: Polusi Timbal Turunkan IQ Hingga 5,7 Poin)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment