Thursday, August 7, 2014

Gangguan Bipolar, Marshanda Diduga dalam Fase Manik

Gangguan Bipolar, Marshanda Diduga dalam Fase ManikBEBERAPA hari lalu kita dikejutkan berita pemasungan Marshanda oleh ibunya. Padahal, Marshanda mengaku dalam kondisi sehat.

Kondisi sehatnya Marshanda ditepis oleh dokter keluarganya, dr Richard Budiman, Sp.KJ. Marshanda ternyata didiagnosa menderita gangguan bipolar. Hal itu pun menjadi bahan spekulasi di masyarakat, benarkah memang Marshanda mengalami gangguan jiwa ini?

Menanggapi hal itu dr A A Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ(K), Pelaksana Teknis Kepala Departemen Psikiatri dan Staf Medis Departemen Psikiatri FKUI/RSCM mengatakan bahwa kalau dari gejala-gejala yang dialami selama ini, sepertinya Marshanda memiliki gangguan bipolar. (Baca: Tatalaksana Pengobatan Bipolar, Keluarga Penting)

"Ini kan sudah ditelusuri dengan benar oleh dokter keluarga. Dan, kejadian dia sampai dikirim ke rumah sakit  itu, saya menduga dia dalam kondisi manik," katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, Kamis (7/8/2014).

Gangguan bipolar merupakan jenis penyakit psikologi, ditandai dengan perubahan mood (alam perasaan), pikiran, dan perubahan perilaku yang sangat ekstrem, yaitu berupa depresi dan manik. Seperti diketahui, gangguan manik-depresif (kelainan bipolar) adalah suatu keadaan di mana periode depresi bergantian dengan periode mania atau tingkat kegembiraan yang lebih rendah.

"Kondisi manik itu orang percaya diri, enggak mengakui dirinya sakit. Dia tidak ada insight, tidak ada rasa takut, tidak ada kewaspadaan, sudah tidak pikiran lagi ," jelasnya. (Baca: Mengenal Bipolar, Gangguan Jiwa Bersifat Episodik)

Kejanggalan-kejanggalan perilaku bintang sinetron ?Kisah Sedih di Hari Minggu? itu sudah mulai terlihat dari peristiwa video "stres" yang dibuatnya beberapa waktu lalu. Namun demikian, penderita bipolar biasanya akan menyesal atas perbuatannya sesaat mereka sadar kembali.

"Masa manik itu minimal dua minggu, tapi setelah stabil, biasanya mereka akan menyesal. Misalnya pada cewek, tidak sadar menghabiskan uang Rp30 juta dalam dua minggu," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment