Friday, August 15, 2014

Duduk Lurus Perbaiki Postur Tubuh

Duduk Lurus Perbaiki Postur TubuhSEMAKIN lama duduk di depan komputer maka bisa berdampak pada postur tubuh. Jika sudah demikian, maka risikonya yakni pinggul ke depan, bahu merosot, dan bahkan membuat Anda bernapas tidak efisien.

Hal inilah yang diungkapkan oleh Pat Davidson, PhD seorang Fisiologi Olahraga. Menurutnya, postur tubuh yang buruk menekan diafragma, yaitu otot besar tepat di bawah tulang rusuk yang membantu mengambil napas dalam-dalam. Sebagai gantinya, Anda mulai menggunakan otot-otot lain, seperti bahu, untuk membantu bernapas.

Dan ternyata, orang dengan postur tubuh buruk tidak berjalan dengan benar dan mengandalkan otot punggung bawah untuk membantu mendorong tubuh ke depan. Aubin Sullivan, ahli terapi fisik, merekomendasikan beberapa tips untuk mengoreksi postur tubuh.

- Jika Anda duduk di meja sepanjang hari, jangan bertengger di tepi kursi untuk duduk tegak. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah bergeser pinggul dan pantat ke belakang kursi, dan menggunakan belakang kursi untuk menyanggah tubuh. (Baca: Cegah Penyakit Zoonosis, Hiduplah Sehat saat Bepergian)

"Anda harus menyanggah tulang belakang. Otot-otot Anda akan menjadi lelah dan Anda perlahan-lahan akan mulai merosot ke bawah," kata Sullivan.

- Seringlah bangun dan berjalan-jalan. Gunakan alarm ketika merasa bahwa Anda tidak bergerak dalam waktu yang lama atau. Selain itu, ataur alarm telepon agar ANda dapat bergerak setiap 30 menit sekali.

- Jika Anda membawa tas bahu berat, pastikan untuk membawanya pada kedua bahu, ganti apabila salah satu bahu pegal. Bahkan lebih baik gunakan tas cross-body sehingga berat badan terdistribusi semakin merata.

- Berolahraga. Anda perlu berkonsentrasi pada abdominus melintang, otot perut dalam yang bertindak sebagai "korset" di sekitar tulang belakang lumbal, menurut Sullivan. Untuk melakukannya: berbaring telentang dengan lutut ditekuk, letakkan tangan di pinggul, bernapas normal, dan tarik pusar ke tulang belakang. Anda tidak ingin panggul Anda menjadi miring atau terangkat, itulah sebabnya mengapa Anda menaruh tangan pada panggul. Tahan selama 5 detik dan ulangi.

"Setelah terbiasa, Anda dapat melakukannya sepanjang waktu, hanya duduk di tempat kerja dan menjadi kebiasaan," kata Sullivan.

- Anda dapat memperbaiki postur tubuh dalam cara yang lebih hard-core di gym. Davidson mengatakan untuk mencoba lompat tali mundur.

"Jika tali mengenai Anda, Anda memiliki postur yang salah," katanya. Dia juga merekomendasikan hula hooping.

- Sullivan merekomendasikan untuk berfokus pada punggung bagian atas dan otot bahu. Salah satu latihan favoritnya adalah berdiri di dinding, dengan pinggul menyentuh dinding. Taruh bola tenis di antara tulang belikat dan tekan bola. Mendayung juga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh, karena membuat bahu tertarik ke atas dan bawah. (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment