Saturday, August 16, 2014

Dampak Poligami bagi Kesehatan Istri Pertama

Dampak Poligami bagi Kesehatan Istri PertamaPOLIGAMI memang kini sudah umum dilakukan. Namun rupanya, poligami ternyata membawa dampak khusus bagi kesehatan istri pertama. Benarkah?

Menurut Dr dr  H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, FINASIM,FACP, ada beberapa penelitian yang sudah membuktikan keterkaitan tersebut. Misalnya seperti di Syria, Palestina, Turki, Yordania, Kuwait.  Poligami ternyata bisa menurunkan kepuasan hidup dan perkawinan.

"Para wanita yang mengalami poligami akan mengalami permasalahan gangguan jiwa yang berdampak juga buat kesehatan," ujarnya dalam rilis yang diterima Okezone, Sabtu (16/8/2014).

Mereka lebih mudah jatuh kedalam depresi, gangguan psikosomatik, serta mengalami kecemasan dan paranoid. Tetapi secara umum, fungsi keluarga wanita yang mengalami poligami ternyata tidak ada perbedaan dengan wanita monogami. (Baca: Belum ada vaksin, Jamaah Haji Harus Waspadai MERS & Ebola)

Selain itu, lanjut dr Ari, penelitian di Jordania juga membuktikan bahwa istri pertama akan mengalami masalah psikososial. Bukan hanya merasa rendah diri dan tidak berharga, tapi juga masalah ekonomi juga lebih besar daripada yang monogami.

"Mereka mengalami gangguan psikosomatik dan gangguan somatisasi. Jika ditanyakan apakah mereka yang mengalami poligami setuju mengalami poligami mereka umumnya setuju berbeda dengan wanita yang monogami mereka tidak setuju untuk dipoligami," terangn praktisi kesehatan tersebut.

Penelitian berikutnya yakni di Turki. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa wnita yang dipoligami ternyata lebih mudah mengalami gangguan kejiwaan ataupun stres. Karenanya, dari beberapa penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa wanita yang dipoligami memiliki risiko besar terhadap kesehatan yang akan dialami.

"Berbagai penelurusan artikel ilmiah ini mendapatkan bahwa memang akhirnya para istri yang dimadu akan lebih mudah mengalami gangguan kesehatan dibandingkan dengan wanita yang tidak dimadu," tutupnya. (fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment