Friday, August 8, 2014

Dampak Buruk Kecanduan Minuman Soda bagi Kesehatan

Dampak Buruk Kecanduan Minuman Soda bagi KesehatanSAAT ini minuman soda semakin mudah didapat, sehingga semakin banyak orang yang gemar meminumnya. Apalagi konsumsi minuman soda dapat menimbulkan sensasi menyegarkan.  
Namun kecanduan minuman soda juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Berikut beberapa masalah keehatan dari kecanduan minuman soda sebagaimana dikutip Boldsky, Sabtu (9/8/2014).
 
Tinggi kalori dan tingkatkan risiko diabetes
 
Jumlah kalori dalam sekaleng minuman soda sangat tinggi, sehingga yang masuk ke dalam tubuh dapat berlebihan. Oleh karena itu, jika Anda sudah kecanduan soda, mulailah dari sekarang beralih ke minum air putih lebih banyak. Selain itu, minuman soda juga meningkatkan risiko diabetes karena sekalengnya mengandung gula yang tinggi.
 
Buruk bagi kesehatan gigi
 
Tidak hanya meningkatkan kalori, minum-minuman soda juga buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. Hal ini karena minuman soda mengandung terlalu banyak gula dan asam sehingga dapat melarutkan kalsium dari enamel gigi.
 
Dehidrasi
 
Salah satu penyebab dehidrasi adalah menyebabkan dehidrasi karena mengandung gula yang tinggi. Selain itu, minuman soda juga mengandung kafein yang menyebabkan iritabilitas, gelisah, tekanan darah tinggi, dan kencing berlebihan sehingga mengakibatkan dehidrasi. (Baca: Tertawa Setiap Hari Lebih Menyehatkan Lho)
 
Risiko batu ginjal
 
Kecanduan minuman bersoda dapat menyebabkan erosi kalsium. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan terbentuknya batu di dalam ginjal. Hal tersebut terjadi karena keseimbangan radikal asam dan mineral.
 
Menghancurkan sistem pencernaan
 
Satu kaleng minuman soda dapat mengandung asam fosfat dalam jumlah besar. Asam ini berlawanan dengan asam klorida yang terdapat di dalam perut. Sehingga, ketika kedua asam tersebut tercampur yang akan mempengaruhi fungsi dan pada akhirnya menghancurkan sistem pencernaan.
 
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment