Thursday, August 7, 2014

Buka Jilbab Kuatkan Dugaan Marshanda Alami Bipolar

Buka Jilbab Kuatkan Dugaan Marshanda Alami BipolarMARSHANDA sudah mananggalkan jilbabnya sejak beberapa pekan lalu. Sejumlah kalangan di masyarakat menduga hal itu karena efek ganguan bipolarnya.

dr AA Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ(K), Pelaksana Teknis Kepala Departemen Psikiatri dan Staf Medis Departemen Psikiatri FKUI/RSCM mengungkapkan, kemungkinan besar hal itu karena efek dari gangguan bipolarnya.

"Saya dulu punya pasien, dalam kondisi stabil dia memakai jilbab rapi. Tetapi saat fase manik, dia lepas jilbab, pakai tank top, bahkan membawa laki-laki rumahnya. Jadi, bisa jadi dia (Marshanda-red) dalam fase manik," katanya kepada Okezone melalui sambungan telefon, Kamis (7/8/2014).

Gangguan bipolar merupakan jenis penyakit psikologi, ditandai dengan perubahan suasana hati, pikiran, dan perubahan perilaku yang sangat ekstrem, yaitu depresi dan manik. Seperti diketahui, gangguan manik-depresif (kelainan bipolar) adalah suatu keadaan di mana periode depresi bergantian dengan periode mania atau tingkat kegembiraan yang lebih rendah.

"Kondisi manik itu orang percaya diri, enggak mengakui dirinya sakit. Dia tidak ada insight, tidak ada rasa takut, tidak ada kewaspadaan, sudah tidak pikiran lagi," jelas dokter spesialis psikiatri itu.

Sementara, depresi adalah fase pasien bipolar yang biasanya dilakukan dengan mengurung diri di kamar serta enggan makan dan ketemu  orang lain. (Baca: Gangguan Bipolar, Marshanda Diduga Dalam Fase Manik)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment