Friday, August 22, 2014

Benarkah Vaksin Imunisasi Mengandung Lemak Babi?

Benarkah Vaksin Imunisasi Mengandung Lemak Babi?BANYAK isu keliru mengenai imunisasi di Indonesia, di antaranya vaksin mengandung lemak babi. Isu tersebut sudah pasti menimbulkan berbagai reaksi.

Menurut Sekretaris Satgas Imunisasi PP-IDAI dan Ahli Tumbuh Kembang Anak dari FKUI-RSCM, Dr Soedjatmiko, Spa (K), Msi, vaksin imunisasi yang mengandung lemak babi tidaklah benar. Namun, diakuinya, vaksin tersebut dulu memang pernah bersinggungan saat penyemaian bibit vaksin.

?Tidak ada dan bukannya mengandung, vaksin itu pernah bersinggungan pada waktu penyemaian di bibit vaksin yang awal. Jadi, vaksin yang awal itu sekitar 10-20 tahun yang lalu, begitu disemai kemudian dipanen menggunakan tripsin yang berasal dari enzim pankreas babi,? kata Dr Soedjatmiko pada School of Vaccine Journalist di Gedung Dewan Pers, Jakarta, baru-baru ini.

Lalu, mengapa harus menggunakan dari pankreas babi? Dr. Soedjatmiko mengatakan bahwa bila menggunakan dari enzim pankreas hewan lainnya, seperti sapi, kerbau, dan kuda maka hasil imunisasi tidak bagus. Karena itu, dipilihlah pankreas babi.

?Tetapi, setelah itu dicuci dengan ultrafiltrasi berpuluh-puluh kali sehingga pada waktu vaksin dijual, itu (pankreas babi-red) sudah tidak ada lagi. Jadi, di awal-awal hanya bersinggungan, bukan bercampur,? jelasnya.

Lalu, apa bukti vaksin imunisasi tidak mengandung lemak babi? Dr. Soedjatmiko menegaskan bila sampai hari ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak pernah melarang imunisasi.

?Buktinya apa vaksin tidak mengandung lemak babi? MUI sampai hari ini tidak pernah melarang imunisasi. Saya sudah keliling 17 kota dengan MUI, tidak ada yang pernah bilang kalau imunisasi dilarang. MUI tidak pernah melarang asalkan memenuhi kaidah-kaidah,? tutupnya.
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment