Wednesday, August 20, 2014

Belum Ada Vaksin Ebola, PHBS Bentengi Jamaah Haji

Belum Ada Vaksin Ebola, PHBS Bentengi Jamaah HajiAWAL September mendatang, jamaah haji Indonesia sudah mulai berangkat ke Arab Saudi. Namun, jelang keberangkatan tersebut, timbul kekhawatiran terhadap virus Ebola yang sedang mewabah di Afrika Barat. Seperti diketahui, jamaah haji berasal dari seluruh dunia.

Ketika ibadah haji, bukan tidak mungkin para jamaah akan berinteraksi dengan mereka yang datang dari negara lain, termasuk asal Afrika. Karenanya, kekhawatiran terhadap virus Ebola bermunculan jelang pelaksanaan ibadah haji.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh jamaah haji untuk mengurangi risiko terinfeksi virus Ebola? Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Fidiansjah, Sp. KJ, MPH, mengatakan bahwa karena vaksin Ebola belum ditemukan, seperti halnya pada kasus MERS, upaya pencegahannya adalah dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Upaya yang bisa dilakukan oleh jemaah haji adalah dengan melakukan PHBS, seperti mencuci tangan dan menggunakan masker, gizi seimbang, dan minum teratur," kata Dr Fidiansjah di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Cegah Jamaah Haji Terinfeksi Zoonosis, Pondokan & Sanitasi Ditingkatkan)

Untuk meredakan kekhawatiran jamaah haji, Dr Fidiansjah memastikan bahwa WHO telah menetapkan status negara-negara yang menjadi endemi Ebola, yakni Nigeria, Guinea, Liberia, dan Sierra Leone dalam kondisi darurat global. Penetapan status tersebut memerkecil peluang orang untuk keluar-masuk dari negara endemik Ebola.

"Oleh karena keluar-masuknya pasien kecil, kekhawatiran tidak perlu dimunculkan karena tidak ada pengantarnya," simpul Dr Fidiansjah.  
(fik)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment