Wednesday, August 13, 2014

Begini Cara Penularan Virus Ebola pada Manusia

Begini Cara Penularan Virus Ebola pada ManusiaSELURUH dunia saat ini menyerukan waspada terhadap penyebaran virus Ebola. Berbagai faktor ditengarai menjadi penyebab penyebaran virus Ebola atau EBOV.

Virus Ebola adalah penyebab penyakit demam berdarah Ebola. Ada lima strain virus Ebola, yakni Bundibugyo ebolavirus, Zaire ebolavirus, Reston ebolavirus, Sudan ebolavirus, dan Tai Forest ebolavirus. Reston ebolavirus didapati di Filipina dan China pada binatang, namun jenis ini tidak memberikan penyakit pada manusia meskipun bisa menginfeksi. Yang paling sering menimbulkan wabah adalah jenis Bundibugyo, Zaire ebolavirus, dan Sudan ebolavirus. (Baca: Seperti SARS & MERS CoV, Indonesia Harus Waspada Ebola)

Hal itu diungkapkan Guru Besar Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof dr Umar Fahmi Ahmadi, MPH., Ph.D. Mantan Mantan Ditjen P2PL Kemenkes RI ini menambahkan, cara penularan virus adalah melalui kontak cairan penderita, seperti keringat, darah, sperma, liur, dan lainnya.

"Kontak dengan penderita melalui media tersebut, belum ada bukti penularan melalui udara," katanya, dalam keterangan tertulis, baru-baru ini. (Baca: Waspadai Gejala-Gejala Terinfeksi Virus Ebola)

Di Afrika, kata Umar, penularan Ebola, selain kontak dengan manusia juga dengan binatang yang sudah mati, seperti antilop, monyet, gorila, dan lainnya. Cairan dari binatang tersebut atau dari manusia lewat kontak kulit, terutama jika kulit terluka sedikit.

"Menangani mayat korban juga dapat tertular, jadi harus dengan sarung tangan dan baju yang anti kontak cairan," jelasnya. Karena itu, Umar menegaskan bahwa sangat dianjurkan menjaga kebersihan badan dan sering cuci tangan menggunakan sabun. (Baca: WHO Tetapkan Ebola Darurat Kesehatan Internasional) (fik)

»

0 comments:

Post a Comment