Thursday, August 21, 2014

Bangun Sebelum Subuh, Rahasia Pria Usia 111 Tahun

Bangun Sebelum Subuh, Rahasia Pria Usia 111 Tahun   SEORANG pensiunan guru asal Jepang baru-baru ini dinobatkan sebagai pria tertua di dunia. Pria tersebut bernama Sakari Momoi dengan usia 111 tahun. Yuk, ketahui rahasianya berumur panjang.

Momoi mengaku tidak punya rahasia khusus untuk bisa berumur panjang. Namun, pengurusnya di panti jompo mengatakan jika Momoi selalu bangun lebih pagi, tepatnya sebelum subuh, dan mengonsumsi makanan sehat.

Pria yang menyukai puisi ini menerima sertifikat dari Guinness World Records pada Rabu 20 Agustus 2014. Dia mewarisi gelar ini dari Alexander Imich, warga Kota New York, Amerika Serikat, yang meninggal pada Juni 2014 di usia 111 tahun, 164 hari. (Baca: Inilah Rahasia Panjang Umur Pria Tertua di Dunia)

Saat dinobatkan sebagai pria tertua di dunia, Momoi menjawab jika ia ingin hidup lebih lama lagi. "Katakanlah, dua tahun lagi," ujarnya, seperti dilansir Associate Press, Kamis (21/8/2014).

Momoi lahir pada 5 Februari 1903 di prefektur Fukushima. Dia pindah ke Kota Saitama, sebelah utara Tokyo, setelah Perang Dunia II dan menjadi kepala sekolah di sana hingga pensiun. Pria dengan lima anak dan tinggal di sebuah panti jompo di Tokyo ini adalah salah satu dari 54.000 centenarians (orang berusia di atas 100 tahun) di Jepang. (Baca: Tiga Rahasia Panjang Umur Orang-Orang Tua di Dunia)

Sementara itu, Jepang memang dikenal memiliki harapan hidup rata-rata tertinggi di dunia, yakni 80,21 untuk pria dan 86,61 untuk wanita. Bahkan, orang tertua lainnya di dunia berasal dari Jepang, Misao Okawa, dengan usia 116 tahun. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment