Saturday, August 9, 2014

Anak Susah Makan Bisa karena Masalah Psikologis & Sosial

Anak Susah Makan Bisa karena Masalah Psikologis & SosialSAAT anak sulit makan, orangtua akan mengupayakan berbagai cara untuk memastikan kebutuhan gizinya terpenuhi. Mengatasi masalah sulit makan ternyata cukup kompleks.
 
Asyik bermain, malas, atau bosan adalah masalah klasik yang sering dialami orantua dalam menghadapi anak yang tak mau makan. Stres, bahkan frustasi pun kerap melanda orangtua lantaran berbagai cara dicoba agar si kecil mau makan. Dan, hasilnya nihil!
 
Eits, jangan menyerah dulu Moms, solusinya mudah kok! Cari tahu penyebab si kecil tak mau makan, baru atasi masalahnya. Berikut beberapa hal yang perlu Moms ketahui saat anak tidak doyan makan, seperti dijabarkan dr Vinci B.N. Sp.A., MM., MBA. dari Klinik HKW, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.
 
-      Ketika anak mengalami masalah saat makan, tidak selamanya itu adalah suatu penyakit. Itu bisa juga dikatakan gejala dari suatu penyakit.
 
-      Jika anak mengalami masalah makan karena adanya penyakit fisik, maka cari tahu secara spesifik apakah termasuk penyakit kronis atau akut.
 
-      Masalah makan juga bisa disebabkan karena anak mengalami gangguan psikologis. Misal, dengan mengancam atau menghukum bila si kecil tidak mau makan. Gangguan makan juga bisa muncul sebagai aksi perlawanan dari anak.
 
-      Selain faktor fisik dan psikologis, masalah makan pada anak juga timbul karena faktor sosial. Misal, memilih-milih makanan. Umumnya anak akan melakukan hal itu karena melihat orangtuanya ketika makan ada bagian yang disingkirkan atau tidak di makan. Begitu anak dihadapkan dengan makanan yang sama, maka anak juga akan ikut menyingkirkannya.
 
-      Faktor sosial lainnya yang bisa menjadi masalah makan pada anak, yaitu ketika orangtua makan sambil tergesa-gesa, makan sambil berjalan atau berdiri. Maka, nantinya anak juga akan mengikuti apa yang dilihatnya. Anak akan makan sambil berjalan ke sana-kemari atau sambil bermain dan juga tergesa-gesa.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment