Friday, August 15, 2014

10 Penyakit Paling Menakutkan (2-Habis)

10 Penyakit Paling Menakutkan (2-Habis)ADA berbagai macam penyakit serius yang dianggap paling menakutkan. Bahkan penyakit tersebut bisa menyerang kapan dan dimanapun berada.

Lantas apa saja penyakit serius yang menakutkan dan mengancam jiwa seseorang? Berikut daftar penyakit paling menakutkan hasil jajak pendapat litbang KORAN SINDO.

HIV-AIDS : 9,3% responden

Hingga saat ini belum ada obat unutk menyembuhkan HIV/AIDS. Penyakit ini disebabkan virus yang menyerang system kekebalan tubuh melalui sel darah putih. Penyebab HIV/AIDS antara lain akibat pergaulan bebas dan mengonsumsi narkoba melalui jarum suntik. Pada 2013, secara global tercatat hampir 30 juta orang hidup dengan HIV/AIDS ; 1,8 juta orang terinfeksi ; dan 1,3 juta meninggal akibat HIV/AIDS. (Baca: 10 Penyakit Paling menakutkan bag.1)

KOLESTEROL : 4,5% responden

Penyakit kolesterol dipicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol tersebut menyebabkan penebalan plak pada dinding pembuluh darah yang berakibat bada penyempitan lumen pembuluh darah. Sebenernya kita dapat mengantisipasi penyakit kolesterol dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Di Indonesia, sejumlah penderita kolesterol cukup tinggi.

HEPATITIS : 4,3% responden

Penyakit liver atau hepatitis terjadi akibat adanya peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Liver yang bermasalah akan mengganggu kestabilan tubuh karena fungsinya cukup vital yaitu sebagai penawaran racun, system pertahanan tubuh, dan pengatur metabolism.

BRONKITIS : 3,8% responden

Merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan saluran pernafasan yaitu bronkus. Penyebab penyakit ini sebagian besar akibat rokok dan minuman beralkohol, namun ada juga yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang buruk. Sebenarnya penyakit bronchitis bukan termasuk kategori berbahaya dan dapat disembuhkan asal kita hiudp sehat dan rajin mengecek kondisi kesehatan.

GAGAL GINJAL : 3,8% responden

Ginjal merupakan organ penting yang fungsinya menyaring darah. Dengan proses penyaringan tersebut, darah yang diedarkan ke seluruh tubuh terbebas dari racun. Karena itu, kerusakan pada orang ginjal sangat berbahaya bagi tubuh kita. Kerusakan akut pada ginjal mengakibatkan 40.000 nyawa di dunia melayang setiap tahun.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment