Tuesday, July 22, 2014

Solusi Alami Atasi Batuk Menggonggong pada Anak

Solusi Alami Atasi Batuk Menggonggong pada AnakCROUP atau infeksi saluran napas atas bisa memicu pembengkakan pada laring dan trakea. Alhasil, pembengkakan tersebut menghambat jalannya oksigen masuk dan menghasilkan suara serak serta batuk menggongong.
 
Penyakit ini sangat "akrab" dengan anak-anak, namun biasanya hanya kasus croup ringan. Meski begitu, ketika anak mengidap penyakit ini, orangtua tidak boleh tinggal diam. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan, seperti dilansir Foxnews:
 
Jangan menunggu


Croup akan memperburuk kondisi penderitanya saat malam hari. Karena itu, jika muncul suara serak atau batuk, segera hubungi dokter. Pasalnya, dokter akan mengevaluasi keluhan tersebut dan memberi pengobatan yang tepat. Namun, biasanya pengobatan yang diberikan terdiri dari obat steroid atau nebulizer dengan epinephrine.
 
Mandi dengan air hangat


Mandikan anak dengan air hangat beberapa kali dalam sehari. Tujuannya agar anak bisa menghirup uap air sehingga keluhan jadi membaik.
 
Menggunakan pelembap ruangan


Gunakanlah alat pelembap ruangan saat anak tidur siang dan malam hari. Selain itu, Anda juga bisa memakaikan anak obat tetes  agar tarikan nafas tidak terhambat. (Baca: Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik)
 
Mengajak jalan-jalan


Mengajak anak-anak keluar saat malam hari, hal itu bisa membantu anak jadi lebih baik.
 
Pastikan istirahat dan mendapatkan cukup cairan



Seperti serangan infeksi apapun, mengonsumsi banyak cairan akan membantu mempercepat proses penyembuhan saat seseorang sakit.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment