Tuesday, July 15, 2014

Puasa Lancar, ASI Terjaga Melimpah

Puasa Lancar, ASI Terjaga MelimpahMESKI tidak diwajibkan untuk puasa, beberapa ibu menyusui tetap bersikeras menjalankannya. Nyatanya, puasa bisa memberatkan bagi sebagian ibu menyusui.

Ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kualitas Air Susu Ibu (ASI). Inilah alasan ibu menyusui harus berhati-hati saat puasa.

Berikut beberapa tip puasa sehat untuk ibu menyusui, seperti dilansir Boldsky, Selasa (15/7/2014).

Hindari minuman penyebab dehidrasi
Ibu menyusui harus menghindari kopi dan minuman berkarbonasi lainnya karena dapat menyebabkan dehidrasi. Ibu menyusui juga sebaiknya jangan terlalu banyak minum air di malam hari, lebih baik pada tingkat atau jumlah sedang. (Baca: Bumil Puasa, Gula Darahnya Berisiko Naik Usai Berbuka)

Hindari makanan pedas
Kebiasaan yang harus dihindari oleh ibu menyusui saat puasa adalah mengonsumsi makanan pedas. Cobalah makan buah-buahan dan sayuran segar sebanyak yang Anda bisa. Selain itu, hindari konsumsi produk susu dan olahannya karena hanya akan mengentalkan cairan tubuh. (Baca: Penyebab Banyak Orang Batal Puasa di Pekan Pertama)

Tetap beraktivitas di rumah
Ibu menyusui harus tetap mengerjakan pekerjaan rumah di malam hari agar tubuhnyabergerak, tetapi tentu dengan bantuan anggota keluarga. Selain itu, cobalah untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin di dalam ruangan agar mengurangi risiko terinfeksi penyakit. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment