Wednesday, July 16, 2014

Perlemakan Hati Bisa Sebabkan Hepatitis

Perlemakan Hati Bisa Sebabkan HepatitisHEPATITIS adalah peradangan yang muncul pada organ hati. Kondisi peradangan tersebut tentunya tidak boleh disepelekan karena bisa berujung pada sirosis dan kanker hati.

Konsultan Gastroenterohepatologi RSCM, dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa penyebab paling umum dari peradangan hati adalah virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Namun, virus hepatitis yang paling sering ditemukan pada pasien hepatitis adalah B dan C. Meski virus masih menjadi penyebab utama hepatitis, diyakini jika beberapa tahun ke depan bisa diatasi dengan obat dan vaksinasi.

?Virus mungkin beberapa puluh tahun lagi akan punah atau bisa diatasi dengan obat dan vaksinasi, tetapi yang mungkin semakin banyak adalah perlemakan,? katanya pada SOHO Global Health bertema ?Hepatitis, Kenali dan Obati? di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 15 Juli 2014.

dr Irsan mengingatkan, justru yang bisa dianggap sebagai penyakit masa depan adalah perlemakan hati. Menurutnya, perlemakan hati akan memicu terjadinya peradangan hati atau hepatitis.

?Yang nanti dianggap sebagai penyakit masa depan adalah perlemakan hati. Jadi, ada penyakit itu namanya perlemakan hati, ini merupakan salah satu yang bisa mengakibatkan peradangan hati,? tuturnya. (Baca: Hebatnya Hati, Jadikan Tubuh Sanggup Beraktivitas saat Puasa)

Lalu, siapa saja orang-orang yang paling berisiko mengalami peradangan hati? Orang-orang yang mengalami obesitas dan memiliki kadar kolesterol tinggi, menurut dr Irsan, termasuk kelompok paling berisiko terkena peradangan hati. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment