Tuesday, July 22, 2014

Makanlah Buah Beserta Kulitnya

Makanlah Buah Beserta KulitnyaSEBAGIAN besar dari kita memakan buah tanpa kulitnya. Namun, kulit buah tidak hanya dapat dimakan, tetapi juga sarat dengan berbagai manfaat kecantikan dan kesehatan yang fantastis.

Kimberly Snyder, ahli gizi, mengatakan ada banyak cara bagus untuk menggabungkan kulit buah yang kaya nutrisi dalam makanan Anda. Menurut Snyder, kulit buah dapat mengandung tiga sampai empat kali konsentrasi serat lebih tinggi daripada buah di dalamnya.

"Serat merupakan bagian penting pada proses tubuh untuk pembersihan racun. Kulit buah juga mengandung sekumpulan antioksidan, antipenuaan, dan vitamin." Kulit buah juga sangat rendah kalori, lemak, dan gula,? katanya.

Untuk beberapa buah sitrus seperti jeruk, imbuh Snyder, kulitnya memiliki tingkat vitamin C lebih tinggi dari jus.. Kulit jeruk segar juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan mineral seperti seng, kalsium, selenium, dan mangan. Tapi bagaimana cara memakannya? Snyder menyarankan memarut kulit jeruk dan menambahkannya ke salad dressing atau smoothie.

"Saya baru dari Thailand selama beberapa minggu untuk memasak intensif, dan kami menambahkan kulit jeruk purut ke dalam ulekan untuk membuat pasta cabai tertentu," tambahnya.

Selain jeruk, kulit pisang juga dipercaya memiliki manfaat yang sama. Kulit pisang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin yang dapat meningkatkan mood. Seperti buahnya, kulit pisang juga sumber potasium yang baik. Namun Snyder mengatakan jika kulit pisang mengandung lebih banyak serat larut (yang membuat Anda merasa kenyang dan membantu kolesterol buruk tetap rendah) dan serat tidak larut (yang menjaga saluran pencernaan Anda).

Di beberapa negara seperti India dan negara Asia lain, sudah umum untuk memasak atau menggoreng kulit pisang atau menggunakannya sebagai makanan penutup. Coba tambahkan sepotong kulit pisang ke smoothie atau membuat melembutkan kulit pisang dan mencampurkannya ke dalam resep kue. Buah pisang lebih matang akan menghasilkan kulit yang lebih tipis dan enak.

Kulit semangka juga bagus karena mengandung vitamin C, vitamin B6, dan citrulline, asam amino yang membantu melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan sirkulasi. Kupas kulit hijau semangka dan taruh bagian kulit yang putih bersama dengan daging buah untuk membuat jus semangka yang sehat.

Perlu diingat bahwa buah organik adalah yang terbaik. Sebab, makanan organik tidak hanya memiliki kandungan gizi lebih karena tumbuh di tanah dengan kualitas yang lebih baik, tetapi juga tidak mengandung pestisida. (Baca: Si Merah Cantik Penangkal Kanker Saluran Cerna)

"Jika anda berencana menggunakan kulit buah, saya akan tetap berpegang pada organik karena pestisida dapat meresap ke dalam kulit dan mungkin tidak benar-benar hilang ketika dicuci," terangnya.

Jangan lupa dengan bonggol dan biji buah. "Bonggol nanas kurang berair dan sedikit lebih keras, tapi masih sangat bergizi dan penuh dengan enzim bromelain, yang dikenal memiliki anti inflamasi dan efek pembersihan dalam tubuh," ungkap Snyder.

Dia juga mengatakan makan sejumlah kecil biji pepaya membuat tubuh memiliki efek antiparasit, antibakteri, dan dapat membantu detoksifikasi hati. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment