Tuesday, July 22, 2014

Makanan dan Minuman Sehat Dikonsumsi saat Berbuka

Makanan dan Minuman Sehat Dikonsumsi saat BerbukaTAHUKAH Anda, mengonsumsi makanan berat seperti roti, gorengan, dan daging ketika baru berbuka dapat membuat Anda sakit perut. Sebab, kadar gula dalam darah akan melonjak naik.

Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang lebih baik dipilih untuk dikonsumsi. Berikut ulasannya.

Air

Apa hal pertama yang Anda ambil ketika buka puasa? Sepiring makanan lezat atau segelas air mineral? Sebagian besar kita mungkin akan memilih air, namun kenyataannya adalah kebanyakan orang akan menghabiskan sajian makanan berat ketimbang minum air terlebih dulu. Selama puasa, kita tidak akan mengonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam. Dalam kondisi seperti ini tubuh kita akan membatasi produksi enzim dan level gula darah akan menurun. Ketika kita kekurangan cairan dalam tubuh, kita akan dihadapi oleh dehidrasi, susah berkonsentrasi, sakit kepala, pening, kelelahan dan juga kesulitan untuk fokus. Dan untuk ?menetralkan? kondisi tersebut, sebaiknya minumlah air putih terlebih dulu kala berbuka puasa, baru mengonsumsi sajian lainnya.

Buah Kaya Air

Ketika berbuka, akan menjadi lebih baik dan sehat jika Anda memakan buah segar yang kaya air seperti semangka atau anggur. Buah dengan kadar air yang tinggi dengan mudah akan dicerna oleh pencernaan sehingga tubuh Anda akan diisi kembali dengan nutrisi dan energi dengan cepat.

Sup

Selain buah segar, sup adalah ide baik sebagai teman buka puasa. Selain sehat, sup jelas tidak berbahaya untuk perut dan juga gampang dicerna. Sup berisikan sayuran akan memberi ?suntikan? vitamin bagi tubuh. (Baca: Hindari Minuman Berkarbonasi Dingin Selama Puasa)

Ubi

Perut Anda secara perlahan sudah beradaptasi dengan makanan dan minuman kembali, maka waktunya untuk karbohidrat! Tapi bukan sembarang karbohidrat, makanlah ubi. Ubi menyediakan sejumlah energi yang cocok bagi tubuh setelah berpuasa. Ubi juga mengandung beta-karotin, vitamin C dan potassium. Untuk variasi Anda bisa mencampur ubi Anda dengan kayu manis.

Telur

Makanan ini memang bukan idola untuk santapan berbuka. Namun, Anda bisa memulainya dari sekarang. Selain mudah dicerna, telur adalah cara termudah untuk mengembalikan protein untuk tubuh. Satu telur menyediakan 6 gram protein berkualitas dan 9 jenis amino acid penting bagi tubuh.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment