Tuesday, July 15, 2014

Inilah Makanan Pendamping ASI Terbaik

Inilah Makanan Pendamping ASI TerbaikTIDAK sedikit ibu yang merasa bingung ketika bayinya mulai mengonsumsi makanan pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Lantas, apa saja sebenarnya makanan pendamping ASI yang baik bagi bayi?

Setelah enam bulan, biasanya bayi akan diberi makanan pendamping. Jika gigi bayi belum cukup bisa untuk menghaluskan makanan tersebut, Anda bisa menghaluskannya agar si kecil juga mampu mencernanya. Berikut beberapa jenis makanan terbaik untuk MPASI bayi Anda, seperti dilansir Boldsky, Rabu (17/7/2014).

Kelapa

Kelapa mengandung asam lemak yang menyerupai ASI. Selain itu, kelapa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, bayi Anda akan lebih mudah mencerna kelapa.

Sayuran hijau

Mulailah mengenalkan si kecil dengan sayuran hijau sejak dini. Anda bisa memilih bayam, kale, dan selada. Sayuran tersebut mengandung kalsium, zat besi, serta serat yang baik agar pencernaan bayi juga lancar.

Telur

Telur bisa diberikan pada bayi berusia 8-9 bulan. Anda bisa merebusnya sebagai pelengkap nutrisi si kecil. (Baca: Pentingnya bidan kontrol laju pertumbuhan penduduk)

Ubi jalar

Umumnya, bayi yang mulai mengonsumsi makanan pendamping diberikan bubur kentang. Namun, alternatif yang bisa Anda berikan adalah ubi jalar. Pasalnya, makanan tersebut lebih sehat serta mengandung nutrisi tinggi.

Pisang

Bubur pisang juga menjadi makanan terbaik untuk pendamping ASI. Selain kaya serat, pisang bisa menambah energi dan zat besi untuk si kecil.

Kacang panjang

Sayuran ini mengandung serat tinggi dan vitamin B kompleks. Rebus kacang panjang dan buatlah jadi bubur agar si kecil mudah mengonsumsinya.

Wortel

Anda juga bisa memberikan wortel rebus sebagai makanan pendamping ASI. Wortel sendiri mengandung vitamin A dan antioksiden yang baik untuk tubuh. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment