Monday, July 21, 2014

Hamil Trimester Kedua, Paling Aman untuk Mudik

Hamil Trimester Kedua, Paling Aman untuk MudikFAKTOR kesehatan menjadi hal terpenting selama perjalanan mudik. Hal ini juga berlaku untuk ibu hamil.

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum ibu hamil ingin mudik. Menurut Dr dr  H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, FINASIM,FACP , ibu hamil mudik hanya dianjurkan yang  sudah memasuki trimester kedua.

"Kalau trimester kedua dengan usia kandungan 4-6 bulan itu aman untuk mudik. Tapi, tetap melihat keadaan dan tergantung lama perjalanan," ujarnya, melalui sambungan telefon dengan Okezone, baru-baru ini. (Baca: Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik)

Sementara, untuk ibu hamil pada trimester pertama dan ketiga, dr Ari mengatakan cukup riskan untuk mudik. Apalagi, jika waktu perjalanan yang ditempuhnya cukup lama.

"Kalau trimester pertama biasanya dia masih muntah-muntah, jadi tidak dianjurkan. Untuk yang trimester ketiga, dia ini mau melahirkan, jadi sebaiknya tidak," terangnya.

Lebih lanjut, dr Ari juga mengatakan kemungkinan yang akan terjadi jika ibu hamil trimester pertama dan ketiga bersikeras ikut mudik.

"Untuk yang pertama, bisa jadi potensi keguguran karena kelelahan, tapi kalau yang trimester tiga bisa saja timbul flek dan pendarahan," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment