Saturday, July 26, 2014

Diet, Kunci Penderita Artritis Tidak Sengsara saat Mudik

  Diet, Kunci Penderita Artritis Tidak Sengsara saat Mudik MENJAGA berat badan agar tidak naik secara drastis saat balik dari mudik ialah kunci penting penderita artritis tidak sengsara. Apa sebab?
 
Menurut Dr L. Andre Pontoh, SpOT (K), spesialis bedah orthopedi RS Pondok Indah, mengatakan bahwa berat badan yang naik akan meningkatkan beban pada lutut. Lutut sendiri merupakan pusat rasa nyeri para penderita artritis. (Baca: Waspadai Penyakit Kronis saat Mudik)
 
"Kalau berat badan naik, akan membebani lutut, dan malah tambah sakit," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.
 
Oleh karena itu, menurutnya, para penderita artritis disarankan untuk menjalani diet sehat jika memiliki berat badan berlebih. Fungsinya menimalisir peradangan pada bagian sendi kakinya. (Baca: Cegah Dehidrasi, Pakailah Baju Longgar)
 
"Penderita artritis tahu betul sakitnya saat nyeri ini datang .Mereka jadi mendadak sulit bergerak dan beribadah dengan leluasa atau berkerja. Saran saya, kalau sudah seperti ini, jangan banyak makan dan diet," simpul Dr Andre.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment