Wednesday, July 23, 2014

Cegah Kanker Mulut dengan Cara Berikut

Cegah Kanker Mulut dengan Cara BerikutKANKER mulut adalah salah satu jenis kanker yang mematikan dan sangat menyiksa. Karenanya, penting untuk mengambil langkah preventif agar terhindar risiko itu.


The B. C. Cancer Agency menyatakan bahwa risiko seseorang terkena kanker mulut akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, ada juga sejumlah faktor risiko lain yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker mulut.
 
Untuk mencegah kanker mulut, ada beberapa faktor risiko yang harus diketahui. Berikut ulasannya seperti dilansir Healthmeup.


Konsumsi tembakau
 
Mengonsumsi tembakau dalam bentuk rokok, cerutu, atau bahkan mengunyahnya, bisa menyebabkan kanker mulut. Semakin sering merokok, maka risiko terhadap kanker juga besar. Untuk memutus risiko tersebut, Anda hanya perlu berhenti dari kebiasaan merokok.


Konsumsi alkohol
 
Mengonsumsi alkohol juga secara signifikan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut. Risiko ini meningkat seiring dengan jumlah konsumsi perharinya. Lebih dari itu, risiko kanker mulut tiga kali lebih tinggi menyerang orang yang mengonsumsi alkohol dibandingkan orang yang tidak meminumnya. (Baca: Deretan Makanan Bantu Turunkan Kolesterol)


Paparan sinar matahari
 
Paparan sinar matahari sudah diketahui meningkatkan risiko orang terkena beberapa jenis kanker, termasuk kanker kulit. Namun rupanya paparan sinar matahari juga meningkatkan risiko seseorang terkena kanker mulut, terutama di daerah bibir. Oleh karenanya, hindarilah paparan sinar matahari terlalu lama atau Anda bisa menggunakan lotion pada bibir.


Menjaga kesehatan mulut
 
Mulut yang sehat bisa membantu melawan pertumbuhan kanker yang potensial di seluruh rongga mulut. Untuk itu, pastikan Anda sikat gigi dan membersihkan lidah  setiap hari. 


Rutin berolahraga
 
Olahraga teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh kita bisa melawan pertumbuhan kanker.
 
Konsumsi makanan sehat


Salah satu cara mencegah kanker mulut, pastikan yang Anda konsumsi ialah makanan sehat. Contohnya, aneka kacang-kacangan, sayuran hijau, teh hijau, tomat, biji rami dan lain-lain.
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment