Saturday, June 14, 2014

Waspadai Makanan Pencetus Naiknya Asam Urat

Waspadai Makanan Pencetus Naiknya Asam Urat APA yang Anda konsumsi sehari-hari berdampak langsung bagi kesehatan. Tetapi, bagaimana jika yang Anda konsumsi juga memicu kadar asam urat melonjak?

Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU menjelaskan, asam urat merupakan salah satu zat dari komposisi batu saluran kemih. Salah satu penyebab dari meningkatnya kadar asam urat adalah pola dan kebiasaan makan sehari-hari.

?Asam urat sering terdapat pada zat makanan-makanan mengandung purin, seperti jeroan, daging merah, soto, dan sop kaldu, santen. Jadi, apakah Anda termasuk penggemar makanan-makanan tersebut? Kalau iya, dan belum pernah periksa asam urat, coba sekali-kali dicek,? katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Biasanya, kadar asam urat yang tinggi dapat akan menimbulkan nyeri pada persendian. Bahkan, jika kadar tersebut dibiarkan tinggi dalam jangka panjang, bisa menimbulkan batu dan gagal ginjal. Sayangnya, menurut Dr Gideon, kasus asam urat di Indonesia semakin meningkat akibat gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat. (Baca: Guys, Buanglah Air Kecil sampai Tuntas)

?Saya melihat berdasarkan pengalaman sendiri dan dokter urologi yang lain, dari 50 persen kasus batu saluran kemih yang kita tangani di Indonesia, pasien datang dengan kadar asam urat yang tinggi. Jadi, ini lebih disebabkan karena lifestyle atau pola hidup,? simpulnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment