Thursday, June 12, 2014

Waspada Zat Berbahaya saat Beli Pakaian Bayi

Waspada Zat Berbahaya saat Beli Pakaian BayiMEMILIH pakaian bayi dan anak tidak cukup sekadar nyaman. Di balik kenyamanan tersebut, ada berbagai hal yang harus diwaspadai terkait materialnya.

Menurut Kepala Bidang Pengujian, Sertifikasi, dan Kalibrasi Balai Besar Tekstil, Quri Siti Mirah DPS, saat ini sering ditemukan berbagai kandungan berbahaya terkait material pakaian bayi dan anak. Bahkan, tidak hanya pada produk internasional, juga lokal.

"Temuan kita, semuanya, baik lokal ataupun impor," katanya saat berbincang dengan Okezone usai talkshow "Velvet Junior: Awas Musuh dalam Pakaian Bayi" di Kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Kandungan berbahaya tersebut ada tiga macam. Di antaranya azo, formaldehida, serta beberapa logam yang terekstrasi pada kain pakaian bayi dan anak.

"Azo ini biasanya ditemukan pada zat warna, formaldehida biasanya ada pada proses penyempurnaan. Lalu, logam seperti nikel, timbal, kadnium, tembaga," terangnya.

Lebih lanjut, berbagai kandungan itu memiliki dampak negatif. Mulai dari iritasi ringan hingga pada risiko gagal jantung.

"Kalau azo efeknya lebih ke karsinogen yang mengarah kanker. Ini memang tidak secara langsung, tapi akumulatif. Untuk formaldehida, efeknya langsung dan biasanya menimbulkan efek pedih di mata, pernapasan, dan iritasi. Tapi kalau logam berat, efeknya lebih berat, seperti penyakit jantung, paru-paru, dan gagal ginjal," tutupnya. (ftr)

»

0 comments:

Post a Comment