Thursday, June 12, 2014

Tiga Kali Pipis di Malam Hari, Pertanda Pembesaran Prostat

Tiga Kali Pipis di Malam Hari, Pertanda Pembesaran ProstatPEMBESARAN prostat sering terjadi pada usia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan pria berusia lebih muda bisa mengalami masalah tersebut.

Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU mengatakan bahwa ada beberapa tanda seseorang terkena masalah pembesaran prostat. "Kalau sudah tiga sampai empat kali bolak-balik ke kamar mandi di malam hari (nokturia-red), itu jangan-jangan kena gangguan prostat," katanya pada media gathering & health talk bertema ?Laser untuk Penanganan Terkini Pembesaran Prostat dan Batu Saluran Kemih? di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (12/6/2014).

Tak heran jika penderita pembesaran prostat sering mengalami gangguan tidur. Tubuh mereka pun menjadi tidak bugar setelah bagun tidur keesokan hari.

"Oleh karena itu, kebanyakan orang yang terkena pembesaran prostat sulit untuk tidur dan kurang fit di pagi hari," tambahnya.

Lebih lanjut, gejala pembesaran prostat terbagi menjadi dua, yakni iritatif dan obstruktif. Gejala pembesaran prostat iritatif adalah sulit menahan buang air kecil, sehingga seseorang bisa setiap jam ingin buang air kecil.

Sementara, pembesaran prostat obstruktif, gejalanya bisa dilihat ketika buang air kecil. Penderita harus menunggu lebih dulu atau mengejan untuk mengeluarkan air seni. Gejala lainnya yaitu pancaran urine melemah, dan yang lebih parah adalah tidak bisa buang air kecil.

"Biasanya kalau seseorang pancaran urinenya sudah melemah, maka sepatunya sering basah sehabis buang air kecil,? tandasnya.

Meski begitu, Dr Gideon mengingatkan bahwa pembesaran prostat bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk, pada mereka yang rajin minum air dan buang air kecil sekalipun.

"Bukan berarti orang yang rajin minum air lalu dia sering buang air kecil, bisa dikatakan mengalami pembesaran prostat," tutupnya. (fik)

»

0 comments:

Post a Comment