Wednesday, June 4, 2014

Terungkap, Ekspresi Janin dalam Kandungan saat Ibunya Stres!

Terungkap, Ekspresi Janin dalam Kandungan saat Ibunya Stres!STRES yang dialami wanita hamil dapat memengaruhi kondisi janin dalam kandungan. Bahkan, ketika wanita hamil stres, bayi di dalam kandungannya juga bisa mengalami hal serupa lewat gerakan tertentu.
 
Menurut sebuah studi baru menggunakan teknologi 4D sonogram, yang berfungsi memantau kondisi kandungan, janin terlihat bingung karena pengaruh stres dari ibu. Penelitian yang diikuti wanita dengan usia kehamilan sekira 24 sampai 36 pekan ini juga menemukan bahwa janin cenderung menyentuh wajah mereka dengan tangan kiri ketika ibunya sedang stres.
 
Namun, apakah menyentuh wajah berhubungan dengan stres? Penulis utama penelitian, Nadja Reissland dari University of Durham, Inggris, mengatakan bahwa hal tersebut berhubungan dengan sifat menenangkan, yakni antara asimetri tubuh, otak, dan kognisi.
 
?Bayi yang baru lahir mengusap-usap alis dan mengisap jempol mereka untuk menenangkan diri. Sedangkan, janin menyentuh wajah saat di dalam kandungan pada umumnya terkait dengan kesehatan mental, yaitu peningkatan risiko ADHD dan skizofenia,? katanya, seperti dikutip Abc, Rabu (4/6/2014).
 
Menurut Reissland, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi pada wanita hamil menjadi faktor risiko gangguan perkembangan bayi paska persalinan. Hal tersebut karena stres mengubah keseimbangan biokimia di dalam rahim.
 
Sementara, Reissland menekankan bahwa studi ini hanya mendukung adanya hubungan antara stres yang dialami wanita hamil dengan janin menyentuh wajahnya. Reissland berharap dapat mengeksplorasi hubungan yang lebih erat.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment