Thursday, June 19, 2014

Ternyata, Wanita Rentan Sembelit

Ternyata, Wanita Rentan SembelitSEMBELIT atau susah buang air besar ternyata lebih sering dialami para wanita. Ada alasan klinis di balik kenyataan tersebut.

Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, menjelaskan bahwa banyak hal memicu wanita kerap mengalami susah buang air besar. Mulai dari faktor hormonal akibat siklus menstruasi, kurang aktivitas fisik, diet rendah serat, sampai depresi.

"Banyaknya selain karena faktor hormonal, biasanya wanita mengalami sembelit karena kurangnya sarat. Karena itu, usahakan minimal mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya," katanya dalam acara peluncuran website dan talkshow ?Mari Bicara Sembelit? di Eatology, Sabang, Jakarta, baru-baru ini.

Namun, sembelit juga tidak disebabkan karena itu. Internis FKUI ini juga menyebutkan jika obat-obatan berkontribusi menyebabkan buang air besar jadi susah.

"Apa saja obat yang bisa menyebabkan sembelit, obat-obatan rematik, antisida, suplemen zat besi, suplemen kalsium, obat-obatan darah tinggi, dan obat anti diare, seperti loperamide dan bismuth," simpulnya. (Baca: BAB cuma tiga kali seminggu, segera periksa penyebabnya)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment