Monday, June 2, 2014

Terbuang lewat Urine, Vitamin C Harus Dikonsumsi Tiap Hari

Terbuang lewat Urine, Vitamin C Harus Dikonsumsi Tiap HariTUBUH membutuhkan asupan vitamin untuk menunjang kesehatan, salah satunya vitamin C. Kekurangan asupan harian vitamin C dapat menyebabkan seseorang mudah sakit atau lemas.  
Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, Dr Fiastuti Witjaksono MS.SpGK, kebutuhan vitamin C harian setiap orang bergantung pada kondisi. Misalnya, pada wanita, bila dalam kondisi normal kebutuhan vitamin C mencapai 75 mg per hari, sedang hamil menjadi 85 mg per hari, dan menyusui sekira 120 mg per hari.
 
Lebih lanjut, Dr Fiastuti menambahkan bahwa kebutuhan vitamin C harus dipenuhi setiap hari. Artinya, vitamin C yang dikonsumsi hari ini, misalnya, tidak bisa untuk esok hari. Mengapa?
 
"Vitamin C larut di dalam air sehingga tidak bisa disimpan di dalam tubuh karena akan dikeluarkan melalui urine. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin C harus terus dipenuhi dari hari ke hari," kata pada workshop & launching Zespri Sun Gold di Rumah Radani, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
 
Sementara, untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C, Dr Fiastuti menganjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, salah satunya buah kiwi. Kiwi merupakan buah yang tinggi kandungan vitamin C, sekira 105 mg per 100 gram buah.
 
"Oleh karena itu, mengonsumsi satu hingga dua buah kiwi per hari dapat membantu mencukupi kebutuhan harian vitamin C, yakni 75 mg," simpulnya.
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment