Saturday, June 14, 2014

Terbaring Lama Bisa Berakibat Batu Ginjal

Terbaring Lama Bisa Berakibat Batu GinjalMENDERITA batu saluran kemih ataupun batu ginjal bisa sangat menyiksa. Bagaimana tidak, penderita kedua penyakit tersebut menjadi sulit buang air kecil sampai mengalami gagal ginjal.

Menurut Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU, batu umumnya terbentuk di ginjal, tetapi bisa juga di kantung kemih kalau ada penyebab sumbatan, misalnya gangguan prostat. Menurutnya, ada faktor pemberat yang menyebabkan terbentuknya batu, salah satunya non-metabolik. (baca: Kapok kena batu ginjal, Naomi Lolita banyak minum air putih)

"Dari beberapa faktor non metabolik yang menyebabkan timbulnya baru, baik di ginjal maupun saluran kemih adalah infeksi saluran kemih," katanya pada media gathering & health talk bertema ?Laser untuk Penanganan Terkini Pembesaran Prostat dan Batu Saluran Kemih? di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, belum lama ini. (baca: Sulit buang air kecil, bisa jadi pertanda batu ginjal)

Lebih lanjut, Dr. Gideon menjelaskan bahwa ada beberapa kondisi yang membuat infeksi saluran kemih (ISK)mempengaruhi terbentuknya batu. Ketika ISK menyerang, infeksi kuman tertentu mengeluarkan suatu zat yang berkontribusi pada proses terbentuknya batu.

"Pada akhirnya, kondisi tersebut mengakibatkan seseorang terbaring lama sehingga urine mudah terkonsentrasi karena jarang buang air kecil," jelasnya. (baca: Cara sederhana atasi batu ginjal)

?Jadi, diteliti orang-orang yang terbaring lama banyak yang terkena batu ginjal. Misalnya, orang-orang yang terkena stroke dan menjadi sering lama terbaring itu menjadi mudah terkena batu ginjal,? simpulnya. (Baca: Penyebab Pasien Pembesaran Prostat Sulit Punya Anak) (uky)

»

0 comments:

Post a Comment