Thursday, June 19, 2014

Tatalaksana Pengobatan Bipolar, Keluarga Berperan Penting

Tatalaksana Pengobatan Bipolar, Keluarga Berperan PentingBIPOLAR merupakan gangguan kejiwaan yang berlangsung seumur hidup. Karenanya, sangat penting untuk tetap dapat menjaga kondisi penderitanya.

Menurut Wakil Ketua Seksi Bipolar dan Gangguan Mood lainnya Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Dr dr Nurmiati Amir, SpKJ (K), kondisi penderita bipolar cenderung memburuk jika tidak dikendalikan. Salah cara yang dapat dilakukan adalah menjalani tatalaksana pengobatan yang tepat.

Langkah pertama pengobatan adalah wawancara dan pemeriksaan fisik. "Pada tahap ini, kita mengevaluasi status mental individu. Tetapi, satus mental penderita tergantung pada keadaan depresi, hipomanik, dan manik yang ditandai dengan fase tertentu," katanya di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Selanjutnya, dilakukan diagnosis terhadap penderita, bertujuan menentukan episode dan tipe bipolar yang kemudian dilanjutkan ke tahap pengobatan. Dr Nurmiati menjelaskan bahwa pengobatan pada penderita bipolar secara langsung berhubungan terhadap fase episodenya, seperti depresi atau manik, dan derajat keparahan fase tersebut. (Baca: Waktu-waktu wanita alami gangguan mood)

"Mengontrol emosi dan mood penderita bipolar adalah cara terbaik untuk pengobatan. Salah satu obat untuk mengobati kekacauan mood penderita bipolar dan mencegahnya kambuh adalah sodium divalproat," tuturnya.

Selain itu, dukungan keluarga dan lingkungan juga sangat penting dalam tatalaksana pengobatan penderita bipolar. Dr Nurmiati mengatakan bahwa kepedulian keluarga dan lingkungan sangat penting untuk mewaspadai kemungkinan adanya penyalahgunaan zat dan timbulnya kekambuhan.  
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment