Thursday, June 12, 2014

Tambah Tua, Pembesaran Prostat Makin Parah

Tambah Tua, Pembesaran Prostat Makin ParahPENYEBAB terjadinya penyakit pembesaran prostat sampai saat ini belum sepenuhnya dipahami. Namun, pembesaran prostat setidaknya bisa terjadi karena proses pertambahan usia.

Spesialis Urologi RS Premier Bintaro, Dr Gideon FP Tampubolon, SpU, mengatakan bahwa pembesaran prostat biasanya terjadi pada usia lanjut. Seiring dengan bertambahnya usia, prostat membesar secara alami dan terlihat nyata setelah usia 50 tahun.

"Bertambahnya usia kemungkinan mengalami pembesaran prostat semakin tinggi. Mungkin, kalau ada banyak pria yang berusia 90 tahun, risiko bisa jadi 90 persen, tetapi tidak semua pria sampai usia itu," katanya pada media gathering & health talk bertema ?Laser untuk Penanganan Terkini Pembesaran Prostat dan Batu Saluran Kemih? di RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (12/6/2014).

Dr Gideon menganalogikan pembesaran prostat dengan tanda-tanda penuaan seseorang. Misalnya, ketika rambut seseorang semakin putih atau beruban, maka prostat kian membesar.

"Ibarat kita bertambah tua, rambut mulai beruban maka prostat semakin membesar. Sama seperti memakai kacamata, bila sudah plus maka prostat semakin besar," tutupnya. (Baca: Tiga Kali Pipis di Malam Hari, Pertanda Pembesaran Prostat)
(fik)

»

0 comments:

Post a Comment