Wednesday, June 18, 2014

Tadinya Meningitis, Kenapa Olga Kini Kena Kanker Getah Bening?

Tadinya Meningitis, Kenapa Olga Kini Kena Kanker Getah Bening?KITA tentu tahu kabar Olga Syahputra terkena meningitis hingga membuatnya berhenti sejenak dari jagat hiburan. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Olga didiagnosa kanker getah bening stadium empat.

Hal inipun memunculkan pertanyaan, bagaimana hal itu bisa terjadi ? Apakah ada hubungan antara meningitis dengan kanker getah bening? Atau, meningitis memang bisa menyebabkan kanker getah bening?

dr Drajdat Ryanto Suardi, MD, FICS, dari Divisi Bedah Onkologi RS Hasan Sadikin Bandung mengatakan bahwa tidak ada korelasi antara meningitis dengan kanker getah bening. Menurutnya, gejala yang dialami Olga selama ini, seperti sakit kepala yang tidak tertahankan, merupakan satu dari sederet gejala kanker getah bening. (Baca: Mengenal Kanker Getah Bening yang Serang Olga)

"Gejala Olga seperti sakit kepala itu adalah gejala kankernya. Kanker getah bening juga menyerang selaput otak, tidak hanya di daerah sistem kelenjarnya," katanya saat dihubungi Okezone, Rabu (18/6/2014).

Tambahnya, untuk memastikan kebenaran apakah Olga menderita meningitis atau kanker getah bening, biasanya dokter hanya memerlukan biopsi. Tindakan ini berupa pengambilan sempel sum-sum dari bagian tulang belakang.

"Kenapa harus melakukan biopsi? Karena di sana ada cairan yang secara sistem dialirkan dari otak. Tinggal dicek saja sama dokter," pungkas dr Drajdat. (Baca: Kanker Stadium 4, Olga Bisa Jalani Treatment Palliative)
(ftr)

»

0 comments:

Post a Comment